Perawatan Anjing Yang Harus Diketahui

Baru saja memelihara anjing? Selamat ya (∩_∩) Nah hal apa saja yang harus kita ketahui? Berikut ya teman-teman..

1. Kapan boleh mandi

Anjing baru sebaiknya jangan langsung dimandikan, karena masi stress. Tunggu 1-2 minggu kemudian.

Sedangkan batas paling cepat anjing kecil dimandikan adalah usia 3 bulan atau setelah selesai vaksin lengkap.

2. Makanan

Anjing tidak boleh makan coklat, tulang, hati mentah dan jeroan mentah juga bawang merah. Sedikit bawang putih dan sedikit garam (1% dari makanannya) diperbolehkan. Beri makan anjing anda secukupnya tanya pemilik sebelumnya, agak pencernaannya tidak terganggu dan tidak kegemukan atau kekurusan. Jika saat dibeli masih kecil tambah dosisnya perlahan sesuai aturan di kemasannya.

Untuk mencegah diare karena tidak cocok dengan dog foodnya, tanyakan pada pemilik sebelumnya apa makanan yang biasa disantap.

Jangan lupa berikan obat cacing 3 bulan sekali.

3. Kebersihan

Kebersihan adalah mutlak untuk kesehatan anjing kita, pastikan tempatnya bersih, alat makannya bersih dan juga tubuhnya bersih. Belum boleh mandi? Pakai sampo kering juga membantu (∩_∩)

4. Vaksinasi

Vaksin tepat waktu wajib hukumnya. Investasikan sebagian dana anda untuk memberikan vaksin lengkap untuk anjing anda. Percayakan pada dokter hewan langganan anda.

5. Pembiakan

Anjing trah kecil baiknya mulai di breeding diloops ke 3 atau sekitar usia 1,5 tahun, sedangkan trah besar di loops ke 5 lebih baik atau sekitar 2,5 tahun. Berikan obat cacing terlebih dahulu sebelum pemancakan.

Ok sekian tentang hal dasar yang perlu diketahui dalam memelihara anjing. Semoga membantu (∩_∩)

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts