Penyebab Anak Anjing Lahir Cacat dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Anak anjing lahir cacat tentu merupakan suatu kerugian besar bagi breeder dan juga menyedihkan pemilik rumahan. Nah apa penyebabnya dan bagaimana cara pencegahannya?

1. Virus

Beberapa virus anjing menyebabkan kecacatan anak anjing sejak dalam kandungan. Virus yang menginfeksi induk pada minggu awal kehamilannya kadangkala tidak menunjukan gejala yang berarti.

Nah supaya hal ini tidak sampai terjadi pastikan lingkungan induk anjing selalu bersih, jauhkan dari semua pembawa virus yang mungkin misalnya : tikus, anjing baru, makanan yang berkemungkinan terkontaminasi (makanan mentah biasanya), orang baru yang sehabis pergi dari kennel atau petshop juga sebaiknya dikurangi dll.

2. Kekurangan Zat Gizi Essensial Kehamilan

Anjing dewasa tidak akan menunjukan gejala yang berarti jika kekurangan salah satu zat gizi essensial ini, tapi lain hal nya dengan anak anjing, khususnya pada minggu-minggu pertama kehidupannya.

Supaya hal ini tidak terjadi, pastikan induk anjing mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Dianjurkan mengkonsumsi suplemen kehamilan seperti albumin. Jika induk anjing mengalami gejala nyidam yang parah, sebaiknya dibawa ke dokter hewan untuk diperiska permasalahannya, ganti makanannya sesuai seleranya dan bila perlu diberi suplemen penambah nafsu makan.

3. Genetika

Nah gen juga bisa menjadi penyebabnya, jika induk-induknya memiliki riwayat kecacatan bisa saja anjing kita juga mengalaminya. Pastikan kita mengetahui riwayat induk-induknya sebelum membreeding anjing kita. Hindari incest! Karena ini akan memunculkan gen-gen buruk yang terkumpul menjadi satu.

4. Kontaminasi Zat Berbahaya

Sama halnya dengan manusia, pada saat kehamilan awal perlu dijaga baik baik dari kontaminasi zat berbahaya. Baik itu lewat makanan, minuman, terhirup, terserap lewat pori-pori kulit.

Jauhkan dari fungiSida, insektisida, obat kutu, dan zat berbahaya lainnya. Untuk amannya kandangkan anjing anda di tempat yang aman :)

Ok sekian sharing saya, semoga membantu.

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts