Agar Anjing Selalu Sehat Panjang Umur, Lakukan Ini


Bagaimana agar anjing sehat dan panjang umur? Berikut hal yang harus dilakukan (^_^)

1. Vaksin
Salah satu hal vital adalah vaksinasi anjing. Anjing ras pada usia muda terutama sangat mudah terkena aneka penyakit menular, distemper, dll. Pastikan vaksin teratur, termasuk anjing dewasa.

2. Makanan
Beri makanan sehat (organik lebih baik) dan cukup jumlahnya, gak boleh terlalu banyak juga. Kegemukan mendatangkan aneka penyakit anjing.

3. Bahagia
Anjing yang sering di bully, tidak disayangi tidak hanya memiliki sifat yang buruk dan trauma yang besar, kesehatan dan semangat hidupnya juga jelek :( Jadi sayangi dia dengan baik, rawat dengan baik dan sesekali ajak bermain dengan anjing lain (^_^)

4. Olahraga
Sama seperti kita membutuhkan olahraga, anjing juga (^_^) Ajak lari keliling komplek akan menyehatkan kita dan juga anjing kita.

5. Lingkungan Sehat dan Bersih
Lingkungan yang sehat dan bersih tidak hanya sehat bagi kita, tapi juga bagi anjing kita. Pastikan bebas parasit (kutu, cacing, tungau dll), bersihkan kotorannya segera agar bau dan kuman tidak menumpuk. Jauhkan dari polusi dan zat kimia berbahaya (^_^)

6. Reproduksi
Untuk anjing betina  biarkan dia sekali melahirkan. Anjing yang tidak pernah melahirkan rentan terkena penyakit reproduksi (kanker rahim, hamil semu dll).

7. Kebersihan Tubuh
Mandikan seminggu sekali dengan benar agar bebas jamur (cara mandikan ada disini), kotoran dan gatal-gatal. Pastikan bebas parasit spt kutu, tungau dan cacing. Sikat giginya atau berikan stik kunyah untuk membersihkan gigi mereka.

8. Lingkungan Aman dan Nyaman
Jangan biarkan anjing keluar rumah jika lingkungan sekitar suka membully anjing, gawat juga kan jika anjing kita di lempar batu atau di pukul? :( Berikan tempat yang nyaman, jangan biarkan anjing kehujanan tanpa tempat berteduh dan kedinginan. Berikan tempat tidur yang nyaman.

9. Cek Kesehatan
Cek kesehatan anjing kita minimal 1 kali setahun misalnya saat akan vaksin. Cek kesehatan juga saat anjing tampak lemah, letih, tidak bersemangat dan tidak seperti biasanya. Berjaga-jaga lebih baik bukan (^_^)

Baik sekian cara agar Anjing Selalu Sehat Panjang Umur, semoga bermanfaat.

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts